BogorNewsCenter.Com – Menjelang pesta demokrasi pemilihan calon Kepala Desa (Pilkades) sebanyak 11 orang Panitia Pilkades Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor telah di lantik. Prosesi pelantikan 11 orang panitia Pilkades dilaksanakan di Aula Gedung Yayasan Dharmais Bogor, dan di lantik langsung oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cimandala. Jumat, 7 Agustus 2020.

Dalam pelantikan tersebut, sekaligus dilakukan pengambilan sumpah terhadap 11 orang panitia Pilkades oleh H. Sigit Sasono selaku Ketua BPD Cimandala, dan disaksikan oleh Camat Sukaraja. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan Pilkades yang jujur, adil, profesional dan berintegritas.

Ketua BPD, H. Sigit Sasono mengatakan, Desa Cimandala merupakan salah satu Desa di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak pada tanggal 15 November 2020 mendatang. Pilkades tahun ini terdiri dari 5 Dapil dan 19 TPS, dengan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) kurang lebih sebanyak 14.245 DPS. Namun jumlah DPS ini kemungkinan akan bertambah, hingga sampai ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) bulan Oktober 2020 mendatang.

“Desa Cimandala akan menyelenggarakan Pilkades pada tanggal 15 November 2020, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 37 Tahun 2019, sistem pemungutan suara akan tersebar di 19 TPS, yang terseber di 10 RW Se-Desa Cimandala, dengan jumlah pemilih sementara sekitar 14.245 DPS. Namun daftar pemilih kemungkinan akan bertambah, hingga sampai ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) bulan Oktober 2020 mendatang,” ujarnya.

Hal senada pun diutarakan oleh Sukarjo selaku Ketua Pilkades Cimandala terpilih, menurutnya Desa Cimandala yang berada di perbatasan Kota Bogor Utara dan Kecamatan Cibinong menjadi keunikan tersendiri. Selain letak geografisnya yang strategis, hal ini akan mempengaruhi pola fikir dan cara pandang warga masyarakat Desa Cimandala terhadap pesta demokrasi yang akan dilaksanakan November 2020 mendatang.

“Desa Cimandala secara letak geografis sangat strategis, sebelah selatan berbatasan langsung dengan Kota Bogor Utara, dan sebelah utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Cibinong yang kita kenal sebagai Ibukota Kabupaten Bogor. Selain itu, Desa Cimandala pun dilintasi jalur utama jalan Jakarta-Bogor berskala Nasional, ini sudah pasti akan mempengaruhi secara langsung pola fikir dan cara pandang warga masyarakat Desa Cimandala untuk lebih cerdas dan bijak dalam menghadapi Pilkades tahun ini,” tuturnya.

Tambahnya, “Panitia Pilkades Cimandala berjumlah 11 orang, yang terdiri dari berbagai unsur, seperti dari unsur pemerintah Desa, LPM, Karang Taruna dan Keterwakilan warga masyarakat Cimandala. Hal ini akan memberikan warna baru dalam penyelenggaraan Pilkades yang lebih profesional dan berintegritas,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua RT ini.

Di tempat yang sama Camat Sukaraja Kabupaten Bogor, Makmun Nawawi, menghimbau dalam penyelenggaraan Pilkades tahun ini harus lebih profesional dan hindari politik uang. Menurutnya, Desa Cimandala sebagai Ibukota Kecamatan Sukaraja harus memberikan dan menjadi contoh terbaik untuk Desa-Desa lain Se-Kabupaten Bogor.

“Di Kecamatan Sukaraja ada 2 Desa yang akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa, yaitu Desa Cimandala dan Desa Gunung geulis. Sedangkan untuk Desa Sukaraja masuk dalam katagori PAW. Mari bersama-sama kita ikut berpatisipasi menyalurkan hak suara dalam memilih Kepala Desa terbaik demi memajukan wilayahnya, khususnya untuk Desa Cimandala yang dimana masyarakatnya heterogen, semoga mampu memberikan contoh terbaik dalam penyelenggaraan Pilkades tahun ini,” harapnya.

Camat yang memiliki hobby bersepeda ini pun berpesan kepada panitia Pilkades Cimandala agar selalu mengacu pada aturan yang berlaku, dan menjaga netralitas, soliditas, kondusivitas serta selalu menjalankan protokol kesehatan selama penyelenggaraan Pilkades berlangsung.

Pelantikan panitia Pilkades Cimandala dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Sukaraja, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukaraja, Pjs Kepala Desa Cimandala, Kasi Pemerintahan Desa Cimandala, Danramil, Kapolsek, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kepala KUA, Ketua RW dan RW Se-Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Penulis : Rudi Irawan dan Jaelani Hidayat

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here