BogorNewsCenter.Com – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) sebagai pengganti Permendagri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Dalam Pasal 1 Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang LKD dan LAD disebutkan Lembaga Kemasyarakatan Desa yang selanjutnya disingkat LKD adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa. Sedangkan Lembaga Adat Desa atau sebutan lainnya yang selanjutnya disingkat LAD adalah lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat dan menjadi bagian dari susunan asli Desa yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa masyarakat Desa.

Selain itu, sebagaimana yang disebutkan dalam Pasal 6 Permendagri Nomor 18 Tahun 2018, salah satu jenis LKD adalah Rukun Tetangga atau disebut RT. Rukun Tetangga atau RT dipimpin oleh Ketua RT yang dipilih secara demokrasi berdasarkan musyawarah-mufakat warga masyarakat setempat.

Implementasi Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) sebagai contoh bisa kita lihat pelaksanaannya seperti yang terjadi di lingkungan Dharmais Bogor RT 06 RW 01 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, yang baru saja selesai melaksanakan pemilihan calon Ketua RT secara demokrasi berdasarkan hasil musyawarah-mufakat. Minggu, 12 Juli 2020.

Pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor terlaksana dengan baik, lancar, kondusif dan demokratis, serta mengacu kepada perundang-undangan yang berlaku, salah satu dasar hukum yang digunakan dalam pelaksanakan pemilihan calon Ketua RT ialah Permendagri Nomor 18 Tahun 2018.

Adanya pandemi virus Covid-19 atau Corona Virus tidak menghalangi warga masyarakat RT 06 RW 01 Desa Cimandala dalam menyuarakan hak pilihnya untuk memilih calon Ketua RT Periode 2020-2025, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Dalam penyelenggaraan pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala berjalan dengan lancar, kondusif, terbuka dan rahasia. Teknis atau cara pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala dilakukan dengan cara door to door, yakni panitia mendatangi warga didampingi oleh saksi dari masing-masing calon Ketua RT. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus.

Sebagaimana yang dituturkan oleh Wandi Awan Djanuar selaku Ketua Pelaksana, penyelenggara pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala bukanlah hal yang mudah, bukan hanya karena dilaksanakan pada masa pandemi semata, tetapi mengingat aspek geografis yang berbatasan langsung dengan Kota Bogor Utara serta secara demografi tata ruang wilayah lingkungan RT 06 RW 01 Desa Cimandala sangat unik, karena terdiri dari dua hamparan, yaitu hamparan atas dan hamparan bawah. Selain itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 535 DPT dengan lebih kurang 650 jumlah penduduk yang ada di lingkungan RT 06 RW 01 Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

“Pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala ini merupakan pemilihan calon Ketua RT pertama kali yang dilakukan secara demokrasi. Adapun teritorial atau wilayah lingkungan RT 06 RW 01 Desa Cimandala merupakan wilayah yang cukup unik, dikarenakan terdiri dari dua hamparan, yakni hamparan atas dan hamparan bawah, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT sebanyak 535 DPT dari lebih kurang 650 jumlah penduduk yang ada di RT 06 RW 01 Desa Cimandala. Hal ini sekaligus menjadi jumlah penduduk terbanyak Se-RW 01 Desa Cimandala. Jumlah penduduk sebanyak itu merupakan jumlah yang sangat fantastik untuk ukuran satu RT.”, tutur Wandi Awan Djanuar yang juga menjabat sebagai Deputy Humas KPK-P Pusat.

Adapun tahapan-tahapan pemilihan calon Ketua RT berlangsung sejak tanggal 25 Juni 2020 sampai dengan 12 Juli 2020,  dari mulai pembentukan kepanitiaan, penjaringan calon Ketua RT, Pemilihan calon Ketua RT, hingga Pelantikan Ketua RT terpilih.

Mistum selaku Ketua RT 06 RW 01 terpilih mengatakan, prosesi pemilihan calon Ketua RT ini sangat baik dan sesuai dengan peraturan perundang-udangan yang berlaku. “Saya sangat berterimakah kepada Ketua Pelaksana beserta rekan-rekan panitia penyelenggara pemilihan calon Ketua RT yang sudah sangat baik dan profesional dalam menjalankan tugasnya, saya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada panitia penyelenggara dan warga masyarakat RT 06 RW 01 Desa Cimandala yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk mengemban tugas yang sangat mulia ini sebagai Ketua RT,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Nining Gusniarsih selaku penanggung jawab pemilihan calon Ketua RT 06 RW 01 Desa Cimandala. “Kami sangat mengapresiasi atas kerja panitia yang sangat baik dan profesional dalam melaksanakan pesta demokrasi pemilihan calon Ketua RT dengan senantiasa mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku dan selalu mengikuti protokol kesehatan hingga terselenggaranya pemilihan calon Ketua RT dengan sukses dan kondusif hingga akhir,” ujarnya.

Tambahnya, “Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada warga masyarakat RT 06 RW 01 Desa Cimandala yang ikut serta dalam mensukseskan pemilihan calon Ketua RT, dan Pemerintah Desa Cimandala, Pemerintah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Kepala Yayasan Dharmais Bogor serta para donatur-donatur yang telah membantu terselenggaranya pemilihan calon Ketua RT dengan sukses dan kondusif,” ujar Nining yang juga menjabat sebagai sekretaris BPD Cimandala.

 

Penulis : Troyawan

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here