BogorNewsCenter.com – Merebaknya penyebaran virus covid-19 (corona) banyak masyarakat yang sudah melakukan isolasi diri, sebagaimana yang diintruksikan oleh pemerintah. Pandemi virus corona tidak hanya meresahkan banyak warga masyarakat, tetapi berpengaruh signifikan pada sektor ekonomi, industri dan pendidikan. Oleh sebab itu, warga dan pemuda Dharmais beserta Karang Taruna Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor berinisiatif untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di permukiman warga, sarana publik dan tempat-tempat ibadah. Rabu, 1 April 2020.

Suparman selaku koordintor gerakan inisiatif warga Dharmais Bogor menuturkan, penyemprotan ini dilakukan atas inisiatif warga dan pemuda Dharmais Bogor beserta Karang Taruna Desa Cimandala. “Penyemprotan disinfektan merupakan gerakan inisiatif warga dan pemuda Dharmais Bogor beserta Karang Taruna Desa Cimandala. Adapun penyemprotan disinfektan dilakukan di tempat-tempat ibadah, permukiman warga dan sarana publik, maksud serta tujuan dari penyemprotan disinfektan ini untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 atau corona,” tuturnya.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bogor melalui Bupati Bogor dalam menghimbau warga Kabupaten Bogor untuk  mengoptimalkan peranan aparatur pemerintah, mulai dari Kepala Desa, Lurah, Ketua RW, Ketua RW dan termasuk juga warga masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan meluasnya penyebaran virus covid-19 atau corona di Kabupaten Bogor. Bahkan puskesmas serta balai-balai kesehatan yang ada di Kabupaten Bogor diminta oleh Bupati untuk mengoptimalisasikan peranannya untuk masyarakat, baik dalam hal pelayanan maupun kebutuhan medis dalam meminamalisir penyebaran virus corona, seperti sanitizer, cairan disinfektan, masker, dan kebutuhan medis lainnya.

“Sesuai arahan dari Bupati Bogor, kami warga masyarakat beserta pemerintah Desa Cimandala Kabupaten Bogor sudah melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona di wilayah kami. Tetapi kami juga mohon perhatian, kepedulian dan kerjasamanya kepada otoritas perusahaan atau pengusaha yang ada di Desa Cimandala untuk turus serta membantu dalam upaya meminimalisir penyebaran virus corona di Desa Cimandala Kabupaten Bogor, berupa peralatan, seperti alat penyemprot disinfektan, cairan sanitizer, masker dan lain-lain, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan oleh warga Desa Cimandala Kabupaten Bogor pada umumnya. Karena kegiatan penyemprotan ini insyallah akan berlansung selama dua bulan ke depan, yang akan rutin dilakukan satu minggu sekali” Papar Suparman yang sekaligus sebagai Ketua LPM Desa Cimandala.

Penulis : Djaelani

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here