BogorNewsCenter.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, gandeng Perangkat Daerah (PD) Se-Kabupaten Bogor. Sinergi bangun Kabupaten Bogor dengan Pancakarsa melalui penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bogor berbasis elektronik, yang dikemas melalui kegiatan forum PD tahun 2021, diakhiri dengan Penandatangan Kesepakatan Bersama, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor. Selasa 3 Maret 2020.

Plt Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Kardenal mengatakan, pelaksanaan forum PD untuk perencanaan tahun 2021, merupakan salah satu tahapan yang harus ditempuh oleh perangkat daerah dalam rangka menyempurnakan rancangan awal Rencana Kerja (Renja) PD tahun 2021. Itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2017, dimana rancangan awal Renja PD tahun 2021 disusun dengan mempedomani Rencana Strategis (Renstra) PD tahun 2018-2023.

“Mempertimbangkan faktor kekinian yang terjadi seperti, tingginya kebutuhan masyarakat akan Teknologi Informatika (TI) Revolusi Industri 4.0, keterbukaan informasi, kebutuhan data sektoral (Wali data statistik atau Satu Data), sebagai hasil evaluasi pelaksanaan APBD tahun 2019.  Serta permasalahan dan isu strategis yang perlu diselesaikan di tahun 2021,” ungkapnya.

Menurutnya, forum itu bertujuan untuk mensinergikan dan memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program, kegiatan dan lokasi dalam rancangan Renja PD, karena untuk perencanaan tahun 2021 memiliki kekhususan tersendiri, terutama sebagai konsekuensi adanya pemberlakuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

“Hasil forum perangkat daerah disepakati melalui penandatangan kesepakatan bersama, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bogor, yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Disepakati sejumlah rencana Program dan Kegiatan tahun 2021 berdasarkan usulan teknokratik. Yakni, Optimalisasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, optimalisasi pengelolaan aplikasi, dan pengelolaan E-Government, serta Penyelenggaraan Persandian Untuk Pengamanan Informasi  juga Penyelenggaraan Statistik Sektoral di lingkup daerah,” ujar Kardenal.

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government Diskominfo Jabar, Dian Istanti menjelaskan, ada beberapa usulan APTIKA Kemenkominfo RI  seperti, pembangunan Commant Center di 9 Kabupaten/Kota, Wifi Gratis di Area Publik, terselenggaranya SPBE. Melalui forum PD, Renja yang dilakukan oleh Diskominfo bersinergi dan sinkron dengan usulan yang dilakukan oleh APTIKA Kemenkominfo. Diantaranya, pembangunan Wifi Gratis di stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, tepatnya di pintu barat, pintu timur, pintu utara, dan pintu selatan. Pembangunan Comment Center untuk optimalisasi pengelolaan dan pelayanan keterbukaan informasi publik, serta program pengelolaan E-Government untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Kabupaten Bogor Berbasis Elektronik yang dilengkapi dengan Penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi.

“Kita telah sepakati bersama, dan memang ini sudah sinkron dengan usulan yang dilakukan APTIKA Kemekominfo, tentu kami sangat mendukung. Kami berharap melalui kegiatan ini apa yang sudah direncanakan dapat terwujud dengan baik,” tegas Dian.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Sastra Winara menambahkan, bahwa pihaknya mendukung terwujudnya SPBE di Kabupaten Bogor. “Terlebih di era industri 4.0 teknologi informatika ujung tombak dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bogor di semua sektor. Saya berharap melalui kegiatan ini bisa mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban melalui realisasi program Pancakarsa,” imbuhnya.

 

Penulis : Dewi Julianur

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here