Angin Puting Beliung Sapu Permukiman Warga dan Tumbangkan Ratusan Pohon

0
265

BogorNewsCenter.com – Angin puting beliung menyapu sebagian permukiman warga dan tumbangkan ratusan pohon di kampung Tugu RT 2 RW 6 Tenjolaya Kabupaten Bogor.

Walaupun angin puting beliung tidak memakan korban jiwa, namun akibat angin puting beliung beberapa rumah warga rusak parah dan mmemporak-porandakan fasilitas umum lainnya. Tidak cukup hanya disitu, angin puting beliung telah menumbangkan banyak pohon, khususnya bambu. Sekitar 400 batang pohon bambu tumbang di sapu angin puting beliung. Sehingga menutup akses jalan yang menghubungkan dua kampung, yakni kampung Tegal Langkap dengan kampung Tugu Desa Gunung Malam Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Sabtu, 7 Desember 2019.

Forum SLRT Dinas Sosial Kabupaten Bogor yang di bantu oleh masyarakat sekitar bergotong royong membersikan puing-puing dan pohon-pohon tumbang paska terjadinya pristiwa angina putting beliung.

Bunyamin selaku Sekjen forum SLRT Dinsos Kabupaten Bogor mengatakan, meskipun angina putting beliun tidak memakan korban jiwa, tetapi kerugian materil yang diakibatkan oleh pristiwa angina putting beliung cukup besar.

“Akibat pristiwa angin puting beliung meskipun tidak memakan korban jiwa, tetapi telah banyak merusakan fasilitas umum, pohon dan sebagian permukiman warga. Kami dari forum SLRT Dinsos Kabupaten Bogor yang di bantu oleh masyarakat sekitar ikut membantu membersikan puing-puing dan pohon yang tumbang akibat pristiwa angin puting beliung,” kata Bunyamin.

Hal ini pun menuai kritikan dari aktivis PMII STAI Al-Aulia Cibungbulang Bogor, Muhammad Janwar. Ia mengkritik aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) yang lambat dalam merespon pristiwa ini.

“Kami sangat menyayangkan aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) dalam menyikapi pristiwa ini, bahkan terkesan menutup mata. Disisi lain kami pun merasa terpanggil untuk ikut membantu masyarakat dalam upaya membersihkan puing-puing dan pohon tumbang akibat angin puting beliung,” ujar Muhammad Janwar.

Tambah Muhammad Janwar, “Kami pun berterimakasih kepada forum SLRT Dinas Sosial Kabupaten Bogor yang sudah turut serta dalam membantu membersihkan puing-puing dan pohon tumbang,” jelasnya.

Penulis : Cawang

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here