Team Rescue Damkar Lakukan Evakuasi Sarang Ular Kobra di Kampung Sawah Cibinong

1
274

 

BogorNewsCenter.comRescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor lakukan pertolongan darurat , dengan mengevakuasi pencarian ular kobra. Di permukiman warga kampung Sawah RT 02, RW 11 Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jumat, 6 Desember 2019.

Komandan Regu Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Alan menjelaskan, pertolongan darurat dilakukan setelah menerima laporan dari warga  Kampung Sawah RT 02, RW 11 Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Terkait adanya sarang ular kobra yang menyebabkan sejumlah ular kobra masuk ke dalam rumah warga setempat, dan berkeliaran dipermukiman warga yang jumlahnya mencapai 20 ekor ular.

“Kami langsung turunkan anggota tim sebanyak 10 orang, untuk melakukan evakuasi. Untuk peralatan kami gunakan satu unit pompa portable  (tayo 02), tongkat manual, helm dan sarung tangan, linggis dan PRT KIT,” tegas Alan.

Tim penyelamat Damkar Kabupaten Bogor, Arman R mengatakan, penyelematan dilakukan mulai dari pengecekan lokasi, pengamanan area, pembongkaran sarang ular, serta evakuasi sejumlah ular untuk menghindari adanya korban akibat gigitan ular kobra.

“Medan lokasi cukup sulit karena sarang ular berada di samping  makam (kuburan), kami butuh waktu sekitar dua jam mulai dari pembongkaran hingga evakuasi. Memang benar ada sarang ular yang cukup besar. Bahkan pas kami bongkar masih ada sejumlah telur utuh yang belum menetas, ini jika tidak segera di bongkar sangat membahayakan warga sekitar,” ujarnya.

 

Salah satu warga kampung Sawah RT 02, RW 11 Kelurahan Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, Sizka marlina mengakui, resah dengan keberadaan ular kobra yang tidak hanya berkeliaran tetapi sudah sampai masuk ke dalam salah satu rumah warga.

“Kami sangat takut dan cemas, allhamdullillah ada team rescue Damkar Kabupaten Bogor. Kami lapor melalui telepon allhamdullillah responnya sangat cepat. Tidak sampai satu jam tim langsung datang ke lokasi sehingga sarang ular bisa di bongkar,” imbuhnya.

Penulis : Dewi Julianur

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here