BogorNewsCenter.com – Yayasan Edukasi Unggul Intizara (Eura) bekerjasama dengan Pusat Edukasi Anti Korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi dan Komunitas Mata Kita Jabodetabek, dalam memberikan pengetahuan serta menanamkan nilai integritas dan anti korupsi kepada peserta didik anak usia dini melalui kegiatan Wisata Edukasi Integritas di Pusat Edukasi Anti Korupsi Gedung Lama Komisi Pemberantasan Korupsi. Minggu, 17 November 2019.

Refany Novia Siboro selaku Ketua Yayasan Eura mengatakan kegiatan wisata edukasi integritas berjalan sangat seru dan memberikan pengetahuan serta pengalaman untuk para peserta didik. “Kegiatan berjalan dengan sangat seru, para pemateri, fasilitator, peserta didik serta panitia lainnya dapat saling berinteraksi dan bersinergi dengan sangat baik. Sehingga acara dapat berjalan dengan lancar dan mengasyikan,” kata Refany yang akrab disapa kak Fanny.

Menurut kak Fanny pendidikan anak usia dini tidak hanya cukup dilakukan di dalam kelas, tetapi sesekali harus dilakukan di luar kelas. Agar para peserta didik dapat melihat, mendengar, merasakan dan beradaptasi secara langsung dengan lingkungan yang sesungguhnya. Tetapi harus ekstra pendampingan agar para peserta didik tetap berada dalam rule nya, yang dimana rule tersebut menjadi kompas dunia mereka, yakni dunia belajar dan bermain.

“Perlu adanya edukasi dan pengawasan ekstra untuk peserta didik yang mayoritas masuk dalam katagori usia dini. Keingintahuan tentang segala sesuatu yang di lihat, dengar dan rasakannya sangatlah besar, jadi selaku tenaga pengajar maupun orang tua peserta didik harus ekstra peka dalam memberikan penjelasan secara positif kepada mereka. Oleh sebab itu, kami dari Yayasan Eura menyelenggarakan wisata edukasi integritas, yang bermaksud untuk memberikan pengalaman baru sekaligus pengetahuan untuk para peserta didik. Mereka para peserta didik di latih untuk mengoptimalisasikan intelektualitas dan kreativitasnya dalam mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi sehari-hari di lingkungannya, baik secara mandiri maupun kolektif,” ujar gadis yang sedang mengenyam pendidikan Strata 2 (S2) di Universitas Negeri Jakarta.

Lanjutnya, “Mereka para peserta didik diajarkan juga nilai-nilai integritas, seperti membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, disiplin, berkata jujur, adil, peduli, tanggung jawab dan kerjasama dalam melakukan kebaikan. Hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai integritas di dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan suka cita dan tanpa beban. Selain itu, kegiatan wisata edukasi integritas ini menjadi trigger di kegiatan lainnya. Sehingga nilai-nilai integritas dapat tertanam dalam diri mereka menjadi seorang profesional dalam profesi maupun melakukan pekerjaannya dimasa depan.” Jelasnya.

Hal senada pun dikatakan oleh Rendy Lesmana selaku Ketua Komunitas Mata Kita Jabodetabek, dia mengatakan kegiatan ini harus terus berjalan dan berkelanjutan agar dimasa yang akan datang banyak lahir generasi-generasi yang memiliki integritas tinggi dan anti korupsi.

Wisata edukasi integritas turut dimeriahkan juga dengan dongeng integritas dari kak Emand yang sangat menghibur lebih kurang 50 orang peserta didik yang hadir, dan diakhiri dengan mengunjungi Museum Nasional Jakarta.

Penulis : Haresti

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here