BogorNewsCenter.com – Generasi muda yang unggul merupakan dambaan bagi setiap Bangsa. untuk itu Karang Taruna Kecamatan Pamijahan berusaha menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, keteladanan, dan jiwa sosial untuk ditularkan kepada Pemuda Se-Kecamatan Pamijahan melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

LDK yang bertemakan “Mencetak pemuda yang berintegritas dan berjiwa sosial dalam rangka membangun Pamijahan yang berdaulat” bertujuan mencetak Pemuda-Pemudi Se-Kecamatan Pamijahan untuk peningkatan sumber daya manusia dalam mendalami dan memahami tentang konsep dasar organisasi di lingkungan masyarakat, melalui kegiatan Karang Taruna.

Bertempat di Ciparay Endah Resort, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, di mulai dari hari Jumat 30 Agustus 2019 hingga Sabtu 31 Agustus 2019. Kegiatan LDK di buka oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Pamijahan, Henri Sholahudin. Henri berpesan agar pemuda dapat mengikuti kegiatan LDK dengan baik.

“Ikuti kegiatan LDK dengan baik karena akan memberikan manfaat bagi pribadi kalian. Harapannya dengan mengikuti LDK akan menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, keteladanan dan jiwa sosial,” kata Henri saat membuka kegiatan LDK.

Kegiatan LDK ini diikuti oleh Perwakilan pemuda dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Pamijahan, dan di pandu oleh instruktur serta narasumber yang berpengalaman di bidangnya. Ada dari APDESI Kecamatan Pamijahan, Rindam Jaya, Karang Taruna Kabupaten Bogor, Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Dinas Sosial, dan lainnya. Instruktur dan narasumber yang hadir memberikan berbagai materi yang mencakup pembentukan mental, kepemimpinan, keorganisasian, pendalaman nilai-nilai Karang Taruna, dan kecakapan fisik serta masih banyak lagi .

“Selanjutnya, Panitia mengajak peserta LDK untuk latihan fisik di halaman Resort Ciparay Endah. Melalui berbagai kegiatan individu dan kelompok, latihan baris-berbaris, dan latihan dasar organisasi diharapkan bisa membentuk kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan peserta. Berbagai tantangan yang dihadapi oleh peserta dalam berbagai latihan tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka yang positif, dengan tujuan mereka bisa ikut andil dalam membangun Kecamatan Pamijahan yang berdaya dan berdaulat.” Ujar Henri.

Acara di tutup dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang meliputi perencanaan kegiatan garapan ke depan.

Lanjut Henri, “Disitulah peserta berencana untuk menggarap kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) atau biasa disebut Hari Kelahiran Karang Taruna yang akan dilaksanakan pada 26 September 2019, di Cibitung Wetan dengan mengusung tema melestarikan budaya Sunda.” Tambahnya.

Terakhir Henri berharap peserta bisa belajar bagaimana mengahadapi tantangan dan rintangan yang kedepannya bermanfaat bagi peserta dalam menghadapi kehidupan.

Sementara itu, ketua Karang Taruna Desa Gunung Picung, Sabri Maulana Ibrahim Sangat Mengapresiasi kegiatan LDK ini. Ke depan Sabri berharap dengan adanya LDK ini bisa menciptakan kader Agent Of Change yang profesional, berjiwa sosial dan aktif dalam kegiatan-kegiatan Karang Taruna baik di tingkat Kecamatan maupun Desa. Pada intinya kader-kader ini harus bisa membangun daerahnya sendiri khususnya Kecamatan Pamijahan, dan Keberadaan mereka mesti bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya.

Penulis : Cawang Januar

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here