Muhamad Janwar Pemilih Cerdas Untuk Pemimpin Yang Berkualitas : Jangan Terbuai Janji Manis, Tindakan Romantis dan Wacana Program yang Terkesan Utopis Calon Kepala Desa

0
89

BogorNewsCenter.com – Tahun 2019 merupakan tahun politik, sebelumnya pada bulan April 2019 lalu seluruh masyarakat Indoesia larut dalam nuansa perpolitikan tingkat Nasional maupun Daerah, kali ini sebagian masyarakat Kabupaten Bogor dihadapkan pada Pemilihan Calon Kepala Desa (Pilkades) serentak, artinya masyarakat dihadapkan kembali pada nuansa perpoltikan yang memang pasti akan sangat terasa atmosfernya. Sebanyak 273 dari 39 Kecamatan di Kabupaten Bogor akan melaksankan Pilkades serentak di awal bulan November 2019 mendatang, tepatnya pada tanggal 3 November 2019.

Pamijahan dari 15 Desa, 10 diantaranya  akan melaksanakan Pilkades tahun ini, sudah dipastikan akan terjadi pergolakan politik yang berimbas pada ambiguitas masyarakat dalam menentukan pilihannya. Terlebih pada masa-masa kampanye nanti, janji-janji manis, tindakan yang romantis sampai dengan program yang terkesan utopis akan semakin sering kita dijumpai. Hal ini dilakukan para calon Kepala Desa dan tim suksesnya untuk menyakinkan masyarakat agar nanti bisa memberikan suaranya pada mereka yang menawarkan beberapa hal tadi. Kesemuanya tidak lain untuk memuluskan niat para calon agar nantinya bisa duduk manis di kursi nomor 1 di Desanya. Dari 5 calon yang sudah mendaftar beberapa waktu lalu, masyarakat mulai di buat berpikir dan insting membaca karakter serta kepribadian dari masing-masing calon mulai muncul dari diri masyarakat.

Beberapa dari para calon memang hampir kesemuanya adalah tokoh yang sudah tidak asing lagi di wilayah pamijahan, dengan segala sepak terjangnya. Selain itu, ada juga beberapa pendatang baru yang coba ikuti dalam kontestasi Pilkades di Kecamatan Pamijahan ini, karena pada prinsipnya berbicara poltik bukan persoalan elite maupun tokoh terkemuka saja. Semua memiliki hak yang sama sebagai masyarakat yang mendiami Bumi Pertiwi ini. Terlepas dari semua itu ada hal yang patut disoroti dalam Pilkades serentak ini, yakni kerawanan akan money politik dan kurangnya sosialisasi Pilkades tahun ini yang sedikit banyaknya akan bisa mencoreng kredibilitas serta kualitas pesta demokrasi.Banyak masyarakat yang berharap Pilkades tahun ini diharapkan mampu menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat banyak dan keterbutuhan Desanya.

Besarnya anggaran yang digelontorkan pada Pilkades serentak kali ini sudah pasti harapan masyarakat hanya satu, yaitu, Pilkades dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan berkompeten. Masyarakat sebagai penentu dari hasil tersebut diharapkan mampu secara objektif dan selektif dalam menentukan pilihannya, karena hal ini akan berdampak pada keadaan Desa 5 tahun ke depan. Maka dari itu, mari sama-sama kita mengawal dan pilih calon Kades yang berkualitas, berintegritas dan mampu menyelsaikan persoalan-persoalan yang selama ini ada di masing masing Desa, khususnya Desa Pamijahan Kabupaten Bogor.

Penulis : Muhamad Janwar (Ketua Lembaga Pemerhati Desa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here