BogorNewsCenter.com – Pada hari sabtu, 3 Agustus 2019. Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor resmi dilantik.

M. Fadil selaku Ketua Pilkades Desa Cilebut Timur langsung bergerak cepat mengintruksikan anggotanya untuk menyebar di beberapa titik lokasi yang akan dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ia mengatakan, panitia Pilkades tahun ini akan tersebar di beberapa titik TPS, berdasarkan kajian dan musyawarah semua panitia Pilkades Desa Cilebut Timur.

“Setelah diresmikan sebagai panitia Pilkades Desa Cilebut Timur sabtu lalu, kami panitia Pilkades Desa Cilebut Timur langsung bergerak dan menyebar ke beberapa titik yang akan dijadikan TPS, hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran dalam pemungutan suara Pilkades nanti,” kata Fadil saat ditemui bogornewscenter di kantor Desa Cilebut Timur, senin 5 Agustus 2019.

Lanjutnya. “Langkah ini berdasarkan hasil musyawarah semua panitia Pilkades Desa Cilebut Timur, yang disaksikan sekaligus disetujui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cilebut Timur. Hal ini bertujuan meningkatkan animo masyarakat untuk datang ke TPS, karena belajar dari Pilkades lima tahun lalu hanya 65 persen saja tingkat partisipasi masyarakat yang datang ke TPS, dikarenakan TPS hanya terpusat di satu titik saja. Semoga dengan penerapan sistem baru ini dapat meningkat partisipasi masyarakat untuk datang dan memberikan hak suaranya, sesuai dengan target kami tahun ini bisa mencapai 90 persen tingkat pastisipasi masyarakat. Selain itu, dalam waktu dekat ini kami panitia Pilkades akan mengundang para Ketua RT dan RW Se-Desa Cilebut Timur untuk ikut serta dalam mensosialisasikan pesta demokrasi Pilkades tahun ini, sekaligus akan melibatkan para Ketua RT dan RW untuk menjadi panitia KPPS nantinya.” Paparnya.

Ketika ditanyakan alasan menerapkan sistem baru Pilkades tahun ini, Fadil menuturkan agar tidak lagi terjadi penumpukan masyarakat di area TPS, karena dikhawatirkan akan terjadi kemacetan lalu lintas dan mengganggu aktivitas masyarakat yang lain, yang melintas area TPS tersebut. Selain itu, akan menimbulkan masalah baru seperti tahun sebelumnya.

Sementara di tempat yang sama Ketua BPD, Maslukin menyambut baik dan mendukung panitia Pilkades dengan sistem baru yang akan diterapkan. “Pilkades merupakan pesta demokrasi yang melibatkan warga masyarakat, khususnya warga masyarakat Desa Cilebut Timur. Maka dari itu, mari kita sambut dengan sukacita dan bersama-sama menjaga kondusivitas penyelenggaraan Pilkades tahun ini. Adapun sistem baru yang akan diterapkan oleh panitia Pilkades terkait penyebaran panitia Pilkades di beberapa titik TPS, jika itu bertujuan untuk kebaikan masyarakat, kami akan dukung. Semoga Pilkades yang akan diselenggarakan tanggal 3 November 2019 berjalan dengan lancar, aman, tertib dan sukses.” Harapnya.

Penulis : Rudi Irawan

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here