Dokumen Foto : RSUD Cibinong

BogorNewsCenter.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong Kabupaten Bogor melalui Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) untuk pertamakalinya mengadakan seminar sehari layanan ESWL Generasi Terbaru dengan topik Atasi Batu Saluran Kemih Tanpa Operasi di ruang Aula Instalasi Gizi. Rabu, 24 Juli 2019.

Seminar sehari ini dihadiri oleh perwakilan dokter dari Rumah Sakit tipe D, tipe C, Puskesmas, Klinik, Praktek Mandiri dan dokter klinik di sebuah perusahaan. Setidaknya lebih dari 80 peserta yang hadir dalam mengikuti kegiatan ini.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Bogor yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit (P2P) dr. Agus Fauzi, dalam sambutanya beliau menyampaikan melalui seminar sehari layanan ESWL Generasi Terbaru ini mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir apabila ada pasien yang membutuhkan penanganan dengan ESWL langsung rujuk saja ke RSUD Cibbinong. “Apabila suatu saat nanti akan merujuk pasien yang membutuhkan penanganan dengan ESWL dapat merujuknya ke RSUD Cibinong. Selaon itu, seminar sehari layanan ESWL ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi rekan-rekan peserta semua.” Ujarnya.

Dokumen Foto : RSUD Cibinong

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi panel. Pada kesempatan ini dipandu oleh dr. Gita Puspitasari sebagai moderator dengan menghadirkan dua orang narasumber, yakni dr. Yacobus Prang Buwono, Sp.U sebagai narasumber pertama dan dr. Syamsuhadi Alamsyah, Sp.U sebagai narasumber kedua. Kedua narasumber ini merupakan dokter tetap spesialis urologi RSUD Cibinong. Narasumber pertama menyampaikan materi mengenai upaya pencegahan dan pengobatan pada pasien dengan keluhan batu saluran kemih. Sedangkan narasumber kedua menyampaikan materi mengenai atasi batu saluran kemih tanpa operasi dengan ESWL.

Selain itu, dalam kesempatan ini pula dijelaskan bahwa ESWL yang dimiliki RSUD Cibinong tipenya adalah Piezolith P3000 yang memiliki banyak keunggulan. Diantaranya, memiliki fokus terbaik, tidak ada gangguan akustik, piezo electrical technique sangat handal, tepat, stabil tahan lama dan bebas perawatan serta tingkat kebisingan shockwave yang rendah yakni ± 82 db(A). Setelah berakhirnya sesi Tanya jawab, seminar sehari ditutup oleh moderator dengan disertai penyampaian beberapa kesimpulan dalam seminar sehari layanan ESWL. Disamping itu ada yang menarik dalam kegiatan seminar ini, yaitu ada pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung dengan menggunakan nomor undian sesuai dengan nomor urut pendaftaran.

Penulis : Oktalifia Dena

Editor : Awan Dj

(Sumber : Humas RSUD Cibinong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here