BogorNewsCenter.com – Permasalahan rusaknya lingkungan hidup bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab bersama warga masyarakat. Budaya menjaga dan melestarikan lingkungan harus ditanamkan dari sejak dini. Hal inilah yang melatar belakangi Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) untuk tetap konsisten dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Sri Nurjati selaku ketua HPAI Pusat mengatakan masih banyak warga masyarakat yang tidak memahami pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya di lingkungan sekolah.

“Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan HPAI merupakan wadah para penggiat Adiwiyata seluruh Indonesia. Hadirnya HPAI untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup, khususnya di lingkungan sekolah. Masih banyak warga sekolah yang belum sadar akan pentingnya manfaat lingkungan hidup untuk keberlangsungan hidup manusia. Maka dari itu, kami HPAI yang terdiri dari kumpulan penggiat Adiwiyata seluruh Indonesia bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mengajak sekolah-sekolah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, serta membudayakan pola hidup sehat di sekolah melalui program sekolah berwawasan lingkungan Adiwiyata.” Kata Sri Nurjati selaku Ketua HPAI Pusat.

Di lokasi yang sama, Sri Yunitta menjelaskan beberapa kegiatan dan program kerja HPAI. Diantaranya, kegiatan forum diskusi Adiwiyata dan Jambore Adiwiyata Astra yang sudah berjalan. Sedangkan untuk program kerja HPAI yang akan dilaksanakan di tahun 2019, yaitu Program Training of Trainer Adiwiyata dan Lomba Adiwiyata Learning Center Go To Schools.

“Program kerja HPAI sudah kami susun untuk direalisasikan di tahun 2019 ini, antara lain program Tranning of Trainer Adiwiyata dan lomba Adiwiyata Learning Center Go To Schools. Untuk program Training of Trainer Adiwiyata akan dilaksanakan pada bulan Agustus yang diperuntukan untuk guru. Sedangkan untuk lomba Adiwiyata Learning Center Go To Schools dilaksanakan bulan November yang diperuntukan untuk pelajar SMP dan SMA atau SMK,” Tutur Sri Yunitta selaku Pembina HPAI Pusat saat ditemui oleh bogornewscenter.com

Lanjutnya, “Perihal pendanaan untuk melakukan kegiatan maupun program kerja HPAI sepenuhnya masih di support oleh PT. Astra Internasional, dan kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan terkait Adiwiyata, agar program Adiwiyata ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah serta manfaatnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat pada umumnya.” Harapnya.

Outdoor Meeting Program Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Pusat di tutup dengan halal bihalal dan makan siang bersama di area wisata anjungan jawa tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Selasa, 9 Juli 2019.

Penulis : Bagus Sidi Pramudia

Editor : Awan Dj

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here