BogorNewsCenter.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019, warga Desa Cilebut Timur ikut serta dalam kegiatan gerakan bebas sampah plastik, di bantaran sungai ciliwung perumahan Bumi Pertiwi Dua RW 14 Desa Cilebut Timur. Minggu (23/6/19).

Selain warga sekitar, dalam kegiatan ini hadir juga jajaran pemerintah Desa Cilebut Timur. Seperti BPD, LPM, Karang Taruna Desa Cilebut Timur, PKK, Kader Posyandu, Bhabinkantibmas, Babinsa dan Karang Taruna Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Dewo. Ketua kampung ramah lingkungan RW 14 mengatakan, kegiatan ini di mulai dari Pukul 08:00 sampai 11: 00 Wib. “Kegiatan bersih-bersih sampah, khususnya sampah plastik yang ada di bantaran sungai ciliwung merupakan satu aksi nyata untuk menyelematkan semua makhluk hidup dari bahaya sampah, sampah yang terkumpul 120 karung, berjenis sampah non organik, totalnya lebih kurang 3.100 Kg.” Ujarnya.

Ahmad Sumarna ketua BPD Desa Cilebut Timur yang turut ikut dalam kegiatan ini menambahkan, kegiatan bersih-bersih sungai ciliwung ini perlu dilanjutkan, tidak hanya saat ini saja. Namun, ke depan bisa dimasukan dalam program kegiatan rutin pemerintah Desa Cilebut Timur, demi untuk melestarikan lingkungan.

Sementara Heru Irawan kordinator kecamatan sukaraja mengatakan, kegiatan ini di gagas oleh Kementrian Lingkungan Hidup, yang bertujuan untuk memecahkan rekor muri.

“Kegiatan ini melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di Desa Cilebut Timur. Selain jajaran perintah Desa Cilebut Timur dan mitra pemerintah, di bantu juga oleh adik-adik pramuka. Sehingga jumlah keterlibatan peserta mencapai 300 orang, sementara target peserta dalam kegiatan ini 200 orang. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan bersih-bersih ini untuk memecahkan rekor muri, kabarnya hari ini Menteri Lingkungan Hidup dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang didampingi Bupati Bogor ikut serta dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Lanjutnya, “Faktanya masyarakat di sini sangat antusias untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih di bantaran sungai Ciliwung. Sehingga jumlah pesertanya membludak, ini merupakan respons yang baik dari masyarakat Desa Cilebut Timur. Kami dari pemerintah Kecamatan Sukaraja mengucapkan terima kasih, dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sungai ciliwung.” Pungkasnya.

Penulis : Rudi Irawan

Editor : Awan Dj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here