BogorNewsCenter – Ada ratusan patung di Istana Bogor. Dikutip dari presidenri.go.id, Selasa (28/2), ada beberapa karya seni patung bernilai tinggi di Istana Bogor. Sebut saja patung Presiden Yugoslavia, Josef Broz Tito, patung Sarinah karya Trubus, dan patung kepala Sang Budha dari Myanmar tampak menghiasi sisi ruang perpustakaan. Ada juga patung Wayang dari uang kepeng di ruang kerja Bung Karno. Khusus patung telanjang akan dibicarakan di sini.

Di antara patung telanjang yang ada di Istana Negara adalah patung Little Mermaid karya Edward Eriksen (gambar atas). Patung itu berada di depan Istana Bogor, tepatnya di atas batu dekat kolam ikan. Ada juga patung tanpa busana di halaman utama hadiah dari Josef Broz Tito dan Patung Menyisir Rambut karya Struble dari Hongaria.

Dikatakan dalam situs kumparan.id Salah satu patung telanjang yang jadi perhatian juga patung Denok di bagian belakang Istana. Ini adalah patung buatan seniman Solo bernama Trubus. Kisah Denok ini cukup menarik karena patung ini menggambarkan seorang wanita dengan kepala menoleh ke kanan serta kedua tangan berada di paha kiri yang menjadi tumpuannya berjongkok. Tubuh patung itu menggunakan model anak pelukis Ernest Dezentje dan wajahnya perempuan muda bernama Ara, anak pegawai Istana Bogor.

Dilansir pula dalam situs Merdeka.com, menurut keterangan salah satu staf Istana Bogor, Sabtu (21/2) patung Little Mermaid hanya ada tiga buah di dunia. Satu buah berada di Kota Kopenhagen yang dibuat menghadap langsung ke arah laut. Satu buah lagi berada di Denmark yang dibuat pada tahun 1913 dan menjadi ikon negara tersebut. Kemudian satu lagi adalah di Istana Bogor yang bisa dilihat dari Kebun Raya Bogor. Konon, patung yang diadaptasi dari kisah The Little Mermaid karya Hans Christian Anderson ini menjadi patung paling banyak difoto wisatawan di Denmark. Ada lebih dari 5 juta foto tiap tahunnya di sana.

 

Penulis : Putra Kertanegara
Editor : Shiny.ane

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here