Keueung. Dalam bahasa Indonesia, kata dari bahasa Sunda ini berarti menyeramkan, membuat bulu kuduk berdiri, menakutkan, atau dalam bahasa anak Jaksel, spooky. Nah, di Kebun Raya Bogor ada satu tempat yang kerap membuat pengunjung disana merasa demikian. Nama tempatnya adalah Kompleks Makam Belanda Kuno, yang berlokasi di dekat pagar Istana Bogor di bagian Utara kebun botani ini.

Bagaimana tidak keueung. Lokasinya berada tepat di bagian koleksi bambu-bambuan yang penuh dengan rumpun-rumpun bambu besar dan menghalangi sinar matahari untuk masuk. Situasinya gelap, bahkan di siang hari. Ditambah dengan keberadaan pemakaman yang berisi kurang lebih 42 makam, hasilnya, para pengunjung biasanya akan bergegas melintas kalau kebetulan tidak sengaja melewatinya. Apalagi beredar gosip sering ada penampakan di wilayah ini. Jadilah tempat ini sebagai tempat paling spooky di sana.

Walau sebenarnya Kompleks Makam Belanda tua ini adalah satu tempat paling tua dan menyimpan banyak sejarah perjalanan KRB di masa lalu. Pada beberapa batu nisan terpahat … (Klik untuk baca lebih lengkap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here